Mengenal Perbedaan Speaker Aktif dengan Speaker Pasif

Speaker aktif dan pasif adalah dua jenis speaker yang akan anda jumpai di pasaran. Meskipun sama-sama speaker, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan penggunaan yang berbeda. Sebelum membeli speaker aktif terbaik, maka ada baiknya untuk mengetahui apa itu speaker pasif agar tidak salah pilih. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Speaker Aktif dan Speaker Pasif

Mengenal Speaker Aktif dan Speaker Pasif

Perbedaan yang paling terlihat dari speaker aktif dan speaker pasif sebenarnya adalah penggunaannya. Mudahnya, anda akan menjumpai speaker pasif di dalam sound system yang lebih kompleks dan besar. Sementara itu, speaker aktif lebih sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang tidak membutuhkan sound system kompleks sebagaimana speaker pasif.

Perbedaan lainnya adalah ada dan tidaknya amplifier di dalam kabinet speaker. Speaker aktif dibekali dengan power amplifier di dalamnya, sehingga tidak membutuhkan amplifier tambahan. Itulah mengapa speaker ini lebih banyak dijumpai karena lebih mudah untuk dioperasikan. Daya yang digunakan berada pada rentang rendah hingga sedang, sehingga cocok untuk kegiatan kecil.

Mengapa Speaker Pasif Lebih Cocok Untuk Tata Suara Kompleks?

Berbeda dengan speaker aktif yang sudah dibekali dengan amplifier dari pabrik pembuatnya, speaker pasif harus menggunakan amplifier tambahan. Rentang volume dari speaker aktif terbaik sudah ditentukan oleh pihak pabrik yang memproduksinya. Oleh sebab itu, speaker ini tidak cocok untuk tata suara kompleks yang membutuhkan daya lebih besar dan suara yang lebih keras.

Sementara itu, sinyal dari speaker pasif dapat dikuatkan sesuai dengan daya yang dimiliki oleh amplifier tambahan. Itulah mengapa speaker pasif lebih cocok untuk sound system yang lebih kompleks, seperti home theater. Setelah mengetahui perbedaan ini, kini anda tidak perlu bingung harus membeli speaker yang mana dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Manakah yang Lebih Baik, Speaker Aktif atau Speaker Pasif?

Kedua speaker tersebut memiliki komponen dan fungsi yang jelas berbeda, sehingga keduanya juga tidak bisa disamakan atau dibandingkan. Masing-masing speaker akan menjadi yang terbaik jika digunakan untuk kegiatan yang tepat. Speaker aktif terbaik akan lebih maksimal saat digunakan untuk kegiatan harian dengan daya yang kecil hingga sedang.

Sementar itu, untuk kegiatan yang besar dan butuh sound system kompleks, tentu akan lebih cocok menggunakan speaker pasif dan amplifier tambahan. Dengan pemilihan yang tepat, keduanya akan menjadi speaker yang terbaik. Bagi anda yang sedang membutuhkan speaker aktif dengan kualitas terbaik dan terpercaya bisa mengunjungi Goshen Swara Indonesia.

Speaker aktif dan speaker pasif adalah jenis speaker yang memiliki fungsi dan penggunaan berbeda. Oleh sebab itu, penting bagi seorang konsumen untuk mengetahui perbedaannya, sehingga tidak salah memilih. Speaker aktif pun memiliki banyak jenis yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar penggunaannya menjadi lebih maksimal.

Tags: